Kembali Menorehkan Prestasi Juara 1 KKSI 2021 Bidang Kriya Kreatif Batik Dan Tekstil

Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin kami mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, atas segala anugrah yang telah diberikan kepada kami, serta Sholawat dan salam kami haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang selalu dinantikan syafaatnya kelak.

SMK Nurul Huda Ngawen kembali menorehkan prestasi gemilang diahir tahun 2021, hal ini seklaigus kami anggap sebagai kado terindah ahir tahun.

KAMP Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2021 diselenggarakan oleh kemdikbud, dengan latar belakang sebagai berikut:

  1. Perlu mengimplementasikan teknologi terbaru/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK.
  2. Perlu meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran di SMK melalui pelatihan yang disampaikan oleh para maestro dan tenaga ahli.
  3. Meningkatkan akses kepada pendidikan berkualitas di SMK

Dalam peraturanya KKSI Jumlah Maksimal Peserta 100 siswa dan (satu team terdiri dari 1 guru pembimbing dan 3-4 siswa)

KKSI kriya kreatif batik dan tekstil”  diikuti oleh 90 peserta SMK Seluruh Indonesia dan diambil 25 peserta dengan perolehan nilai terbaik.

Peserta dari SMK nurul huda sendiri terdiri dari :

  1. Sherly susilowati sebagai pembimbing
  2. Rindi Fathul Nafisya sebagai ketua
  3. Gati Miftahul Magfiroh sebagai anggota
  4. Siti fatimatuzzahro sebagai anggota
  5. Alia Utami sebgai anggota

KAMP Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2021  topik pembelajaran yang di tawar kan banyak sekali ada 30 bidang , salah satu yang kita ikuti dan Alhamdulillah Juara 1 Nasional 2021 adalah  bidang kriya kreatif batik dan tekstil” dan ini kali kedua kita mendapatkan juara Nasional, yang tahun lalu 2020 kita juga mendapat Juara 2 Nasional KKSI dalam bidang  “Sabun Antiseptik Herbal”.

KKSI dilakukan secara daring setiap bidang ada sekolah yang ditunjuk sebagai penanggung jawab, untuk  KKSI kriya kreatif batik dan tekstil”  sekolah penanggung jawabnya adalah SMKN 1 GUNUNG JATI, CIREBON yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Agustus 2021 sampai dengan 20 November 2021

Tentunya hal  yang sangat membahagiakan bagi kami, pertama Alhamdullillah kami ucapkan kehadiral Allah SWT, yang selalu melimpahkan kenikmatan kepada kita semua salah satunya pada tahun 2021 ini Allah SWT menganugrahkan juara 1 Nasional kepada SMK Nurul Huda Ngawen

Harapan sekaligus doa dari Ibu Siti Shofiyatun,S.Si Kepala SMK Nurul Huda Ngawen, cukup simpel tapi bermakna luas, yaitu “Juara 1 KKSI Nasional bidang kriya kreatif batik dan tekstil , ini semoga berkah, karena berkah merupakan kenikmatan yang mencakup semua hal.

KKSI yang dilakukan  dari 27 Agustus 2021 sd 20 November 2021 ini terdiri dari banyak kegiatan , mulai dari peserta mengikuti pelatihan membatik  yang di lakukan secara daring selama 4 kali pertemuan, kemudian setelah melakukan pelatihan peserta melakukan pembuatan batik secara mandiri, untuk menghasilkan batik sesuai dengan kriteria penilaian dari panitia lomba.

Kriteria batik yang di berikan oleh panitia diantaranya :

  1. Pembuatan Desain Batik
  2. Konsep Pewarnaan Batik yang dibuat (design dan concept)
  3. Kesesuaian dari Robotic (mechanics)
  4. Strategi dan teknik pemasaran Batik
  5. Hasil pemasaran game baik di platform online maupun offline

Setelah siswa melakukan pembuatan batik secra mandiri, hasil dari pembuatan itu di kumpulkan sebagai tugas akhir,  Detail Singkat Tugas Akhir :

“ Setelah pelatihan, peserta mampu membuat project berupa Desain Batik yang disesuaikan dengan target pasar atau pengguna, dengan menerapkan teknik pengembangan Batik Tulis yang telah disampaikan. Kemudian, siswa memasarkan dan menjual produk tersebut baik di platform online maupun offline “

Kemudian setelah pengumpulan tugas dikakukan penilaian oleh para juri Nasional :

Anggota Dewan Juri yang Direkomendasikan

  1. Pengusaha Batik (RQ BATIK, Trusmi Cirebon)
  2. Iwan Haryono, S.Pdi (CEO/Founder)
  3. SMK Negeri 1 Gunung Jati
  4. Drs. Nurman (Seni Budaya, SMK Negeri 1 Gunung Jati Cirebon)
  5. Jumana, S.Kom (Multimedia , SMK Negeri 1 Gunung Jati Cirebon)
  6. CV. HeyBerie
  7. Rizky Hediyati, S.Pd (Founder/Head Marketing)
  8. Bella Yunita (Manager)
  9. Chichi Anggrani (Marketing)

 Berikut daftar perolehan nilai sekaligus peringkat lomba, setelah pengumuman dilaksanakan :

Gamabar 2 : Tabel perolehan nilai KKSI

Batik karya kami yang di lombakan :

Gamabar 3 : Peserta dan karya batik

Gamabar 4 : Batik Belukar

Gamabar 5 : Batik Merak

Gamabar 6 : Batik Glondong Jati

Pesan dari kak Sherly Susilowati selaku pembimbing KKSI dari SMK Nurul Huda Ngawen “Totalitas dan loyalitas dalam melakukan sesuatu akan menghasilkan sesuatu yang tidak akan pernah mengecewakan”

Ahir kata Wallohulmuwafieq illa aqwamithorieq Wassalamu’alaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *